Rangkaian Sensor Cahaya Dengan Tegangan 12v

 



Komponen:

1. Resistor 47 kilo dan 1 kilo
2. Battery atau Power Supply 12v
3. Potensiometer 100kilo
4. LDR ( Light Dipendent Resistance )
5. Transistor 9013 NPN
6. Relay 12v
7. Lampu pijar atau lampu jantung
8. RUMBA , heheheheeee becanda ang..


Rangkaian sensor cahaya ini saya di praktekin langsung sama master elektronika di sekolahan tercinta saya dulu yaitu SMKN 1 Losarang Indramayu, sebut saja nama nya Bapak Surjo (Wali Kelas saya), beliau sangat antusias sekali pada setiap pertemuan di kelas saya, beliau selalu memegang prinsipnya untuk mendidik dan memberikan semua ilmunya kepada anak-anaknya dan selalu bisa membuat orang untuk mandiri dan berdiri sendiri karena motivasi nya.
dan beliau terkenal dengan kepintarannya dalam mendalami Audio Video karena di rumahnya beliau membuka bengkel sendiri. Saya beruntung dulu sudah di ajarkan langsung sama Pak Surjo karena beliau sudah memberikan dan mengajarkan banyak hal kepada saya khususnya sehingga saya bisa jadi seperti sekarang, terimakasih banyak kepada pahlawan tanpa jasa khususnya kepada Bapak Surjo.
Saya akan menjelaskan sedikit tentang rangkaian sensor cahaya ini.

Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya adalah sebuah rangkaian yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi sakelar secara otomatis, Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya menggunakan tegangan AC 220V, Light Dipendent Resistance (LDR) sebagai Sensor apabila terkena cahaya maka lampu mati dan apabila Sensor tidak terkena cahaya lampu hidup.
Rangkaian ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari contohnya pada penerangan di rumah seperti pada lampu taman,dan di jalan-jalan raya, rangkaian ini menggunakan sakelar otomatis dan sensor sebagai input, apabila rangkaian ini di pasang maka pada siang hari lampu mati dan menjelang malam hari lampu menyala dengan otomatis.

Sekian info dari saya ,kekurangan hanya milik kita dan kesempurnaan hanya milik allah semata .
Semoga bermanfaat dan jangan lupa kritikannya saya butuhkan dan sarannya saya nantikan sekali.
Dan terimakasih atas kujungannya.
Rangkaian Sensor Cahaya Dengan Tegangan 12v 4.5 5 Om Dadi Komponen: 1. Resistor 47 kilo dan 1 kilo 2. Battery atau Power Supply 12v 3. Potensiometer 100kilo 4. LDR ( Light Dipendent Resistanc...


16 comments:

  1. fungsi potensiometer dlm rangkaian ini untuk apa? trus kenapa ada arus AC dan DC?
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensiometer fungsinya untuk mengatur kepekaan sensor terhadap cahaya.arus dc adalah power supply untuk rangkaian,sedangkan arus ac nya beban.trims smoga bisa membantu

      Delete
  2. POTENSIOMETER ntu buat mngatur kpekahan sensor, adanya arus dc itukn bwt tegangan relaynya klo ac bwt bebannya , trserah mw d pake bwt dc pha ac.,.

    ReplyDelete
  3. klo misalnya dc 5volt dengan rangkaian diatas apakah bisa?

    ReplyDelete
  4. @NETIPLI bisa bisa aja gan,.cuma harus ada rangkaian inverter yang mengeluarkan tegangan 12dc.,karena 12dc di situ untuk membangkitkan relay .,kalo di kasih kurang dari 12 dc maka relay tidak mau aktif.,trimakasih

    ReplyDelete
  5. gan cara kerja dari rangkaian tersebut gimana..?

    ReplyDelete
  6. monoton27@@,
    untuk cara kerja dan juga contohnya,saya udah posting di situ gan,.silahkan baca ulang,.
    ""Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya adalah sebuah rangkaian yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi sakelar secara otomatis, Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya menggunakan tegangan AC 220V, Light Dipendent Resistance (LDR) sebagai Sensor apabila terkena cahaya maka lampu mati dan apabila Sensor tidak terkena cahaya lampu hidup. ""

    ReplyDelete
  7. relay 12V kan ada 8 pin ada kaki 1,4,5,8,9,12,13,14. itu cra masangnya gimana,Gan? yang DC di kaki berapa aja dan yang AC di kaki berapa aja?
    Thanks

    ReplyDelete
  8. yg dc untuk koil relay
    yg ac/untuk beban untuk NO relay

    ReplyDelete
  9. bisa kasih gambar layoutnya gak?

    ReplyDelete
  10. Makasih untuk infonya nanti akan saya coba. .bisa minta no hpnya? Buat konsul kalau ada masalah, .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan wahid alimudin .sama - sama..
      bukannya udah tugas kita untuk saling berbagi dan mengingatkan . :)
      untuk bisa menghubungi admin, bisa coba buka di menu KONTAK ME di atas gan.. makasih

      Delete
  11. Tegangan yg kluar di colektor tr 9013 apakh tegangan negativ,?

    ReplyDelete
  12. Klu arus AC (beban)apa bisa diganti Menjadi DC Master ?

    ReplyDelete
  13. Bro kalo di play kok lampunya ga nyla

    ReplyDelete

Silahkan kasih komentar anda di kolom komentar di bawah.
Dengan baik,sopan,ramah dan penuh tanggung jawab, agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung lain.terimakasih sudah mengunjungi blog ini :), Tapi maaf di larang berkomentar spam di antaranya:
1. Di larang berkomentar OOT (Out Of Topik) di luar topik/ postingan di atas
2. Di larang komentar iklan-jualan obat-obatan
3. Di larang meninggalkan Link aktif (Alamat Web/Blog)
Jika ingin OOT atau Ninggalin Link Aktif silahkan masuk di menu CONTACT di atas, bagi yang melanggar akan di hapus oleh admin :) . Berkomentarlah yang sesuai dengan postingan di atas Terimakasih