BISNIS BERMODALKAN DENGKUL

 

Cita-citaku hanya satu yaitu ingin menjadi orang kaya!!!kalau kaya, bisa membantu orang susah , membahagiakan orang tua dan membangun sekolah atau jembatan. Tapi bagaimana bisa kaya, sekolah ku di SMK yang kelak jadi tenaga kerja!!
Menurut orang bijak, ketika kemiskinan menderadan ketidaksosial terjadi, maka kewirausahaan adalah jawaban nya, ingin kaya??? Jangan jadi karyawan tetapi jadilah penguasa!!! Kalimat-kalimat itu senantiasa memicu dan memacu diri untuk terjun ke dunia bisnis agar menjadi wirausahawan sukses dan kaya, tapi bagaimana bisnis sedangkan modalpun tak punya. Ternyata Bagi tuhan tak ada lagi yang mustahil!! Tanpa di dugaaku bertemu seseorang yang memberi pencerahan tentang seluk beluk modal dengkul.
Dapatkah seeseorang memulai bisnis dengan modal dengkul??? Banyak orang berkata bahwa bisnis harus bermodalkan uang. Padahal salah satu sumber kegagalan wirausahawan adalah memandang uang sebegai permasalahan besar. Bisnis tidak harus di mulai dengan uang!!! Bisnis bisa di mulai dengan ide, dengan kredibilitas atau dengan kecakapan. Modal ada 2 macam, modal yang berwujud uang, barang dagangan,tanah atau rumah. Modal tak berewujud adalah keberanian, tekad , motivasi, kreativitas, hobi, kecerdikan, pertemanan dan kredibilitas.
Berbekal informasi dari teman, tabloid peluang usaha,majalah, internet. Kita bisa bekerja sama dengan pemilik modal untuk menjalin bisnis. Modal mencari mitra usaha lewat iklan. Bila mempunyai ketrampilan memasak yang enak dan unik cari pemodal yang punya tempat usaha untuk mendirikan kafe lalu bagi hasil.
Kreativitas adalah kata kunci bagi seorang wirausaha. Pemikiran yang kreatif akan akan melahirkan sebuah produk yang inovatif dan merupakan modal awal dalam berbisnis. Contoh nyata: “suatu saat bapak mandar Utomo di Yogya ingin memenuhi keinginan anaknya yang merengek ingin minta di belikan mainan. Karena tak punya uang, ia memanfaatkan limbah kayu bakar yang berserakan menjadi mainan. Anaknya girang punya mainan seperti bola yang bisa di copot-copot kemudian di pasang kembali.mainan seperti itu di namakan puzzel yang artinya teka-teki. Puzzel mengasah ketrampilan dan kecerdasan anak. Ketika puzzel di jual di emperan tokoh di pinggiran jalan, ternyata memikat seoorang turis asal perancis, yang kemudian memesannya 1000 buah.karena keunikanny, order pun datang dari dalam dan luar negeri. Pak mandar terus melakukan inovasi, hingga kini terdapat 136 bentuk puzzel dengan menonjolkan serat kayu jati. Kreativitas telah mengantarkannya menjadi produsen sekaligus exportir mainan eduktif dari kayu. Ia pun memenangkan dji sam soe award 2007, suatu penghargaan tertinggi bagi pelaku UKM terbaik. Ini adalah keberhasilan berkat kreativitas. Keterpaksaanlah yang sering memunculkan potensi diri yang sulit keluar...
Ada 2 resep bagi calon wirausahawan. Resep pertama, selalu menjaga kredibilitas, artinya dapat di percaya oleh orang lain. Kehilangan kepercayaan adalah kehilangan hidup, jangan pernah berpikir tuk berbuat licik. Pilih lah kejujuran sebagai gaya hidup. Kalau tekstur yang di jual warna nya luntur bila di cuci, ketika di tanya pembeli, katakanlah yang sebenarnya. Jangan menimbang kopi hanya 9,5 ons, padahal pembeli membayar untuk satu kilogram...
Resep kedua, cakap dalam pekerjaan. Cirinya selalu ingin memuaskan orang lain.seorang montir yang kerjanya memuaskan pelanggan. Jujur dan ramah, selalu di cari banyak pelanggan. Sanpai di susul kerumahnya untuk perbaikan mobil. Yang semula hanya karyawan bengkel milik majikan, akhirnya ia buka bengkel mobil sendiridengan beberapa orang anak buah. Lebih baik jadi bos kecil-kecilan dari pada bekerja di perusahaan besar sekedar karyawan. Walhasil, modal dengkul itu bisa merupakan kreativitas, kejujuran dan kecakapan dalam bekerja.
Sebelum mulai berbisnis, sering kita di hantui perasaan takut gagal. Penyebabnya adalah mitos-mitos seperti: ” bisnis itu penuh beresiko dan berakhir dengan kegagalan”. Akibatnya orang kurang percaya diri. Padahal dalam hidup ini tak ada pekerjaan yang kita lakukan tanpa resiko!!! Jangan menghidari resiko, tetapi resiko harus di jadikan tantangan! Bila kita mengalami kegagalan janganlah bermuram durja, tetapi carilah penyebab kegagalan. Seorang wirausahawan harus berani menghadapi kegagalan dan memetik hikmahnya. Percayalah, dalam kegagalan akan di temukan keberhasilan. Gagal adalah sukses yang tertunda!!! Yakinkah diri, yang gagal adalah bisnis nya, bukan orangnya!!! Artinya kita sedang dalam proses belajar dan mencari cara yang ampuh tuk bisinis tersebut.
Kesuksesan orang lain perlu kita pelajari. Cobalah cari informasi sebanyak mungkin mengapa pengusaha A berhasil. Wirausahawan senantiasa membuka mata, telinga dan hati terhadap peluang, sukses wirausahawan bukan sekedar mengharap durian runtuh,tetapi kejelian menangkap peluang. jangan pulah latah, orang lain banyak yang jual ayam goreng, lalu kita ikut-ikutan. Carilah peluang usaha yang berbeda dari orang lain, yang unik dan di minati banyak konsumen...
Modal berwirausaha pada dasarnya bukan modal berwujud. Jauh lebih penting adalah menumbuhkan modal tak berwujud. yAng bermodal uangpun, belum tentu sukses berwirausaha tanpa di tunjang keuletan, kejujuran dan belajar terus-menerus.
Dengan modal dengkul pula, aku kini menjadi pengusaha.tamatan SMK tidak selalu hanya jadi karyawan perusahaan!!! Impian ku menjadi kenyataan, bisa membantu sesama, memberangkan orang tua ke mekkah bahkan membangun jembatan umum dan membangun sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu seperti aku tempo dulu...

sekian cerita pendek dari saya semoga bermanfaat
BISNIS BERMODALKAN DENGKUL 4.5 5 Om Dadi Cita-citaku hanya satu yaitu ingin menjadi orang kaya!!!kalau kaya, bisa membantu orang susah , membahagiakan orang tua dan membangun sekola...


2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Silahkan kasih komentar anda di kolom komentar di bawah.
Dengan baik,sopan,ramah dan penuh tanggung jawab, agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung lain.terimakasih sudah mengunjungi blog ini :), Tapi maaf di larang berkomentar spam di antaranya:
1. Di larang berkomentar OOT (Out Of Topik) di luar topik/ postingan di atas
2. Di larang komentar iklan-jualan obat-obatan
3. Di larang meninggalkan Link aktif (Alamat Web/Blog)
Jika ingin OOT atau Ninggalin Link Aktif silahkan masuk di menu CONTACT di atas, bagi yang melanggar akan di hapus oleh admin :) . Berkomentarlah yang sesuai dengan postingan di atas Terimakasih