Hobi sebagai sumber rezeki

 

Memiliki hobi amat banyak keuntungan. Hobi merupakan sarana pendidikan untuk belajar menyusun strategi dan mengambil keptusan demi mencapai tujuan. Selain membentuk kepribadian, hobi juga menghindarkan diri dari kenakalan. Yang terpenting, hobi selain membuat hati senang juga tidak menghabiskan uang ,tapi justru mendatangkan uang...
Merintis hobi mrnjadi sumber rezeki, memerlukan strategi yang jitu, harus terus meningkatkan kualitas ketrampilan tentang hobi tersebut. Mereka tidak malas mencari informasi dan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan hobi mereka.
Deni masih kelas 3 SMU, hobi nya nonton film . dari kegilaan nya menonton film ia jadi berambisi ingin membuat film sendiri. Saat menceritakan keinginan nya membuat film , teman-teman nya meledek dan mengejek, “mau jadi raja sinetrron”??. Tapi gemuruh tekad di hati membuat ia berani mengikti lomba membuat film Popcorner. dan menang. Ia ppun seringmenerima order membuat rekaman video di acara pernikahan. Hasilnya selalu memuaskan. Banyak teman nya yang angkat topi ketika film yang di buat nya menang di ajang festival. Ia sangat independent dalam berkarya. Baginya tak perlu memikirkan segala kekurangan teknis. Alat yang di pakai pun seadanya, meminjam kamera HI-8 milik ayahnya. Pada awalnya uang tak pernah di permasalahkan. Baginya yang lebih penting film hasil karyanya di kenal masyarakat luas. Ia merasa aneh karena setiap film nya di putar, ia mendapat honor yang lumayan besar. Dengann suka cita ia terus berkarya dan uang pun datang.Terakhir ia Sutradara videoclip Terajana.
Darman orang Bandung dan teman nya punya hobi berselancar. Karena makan biaya, terpikirlah untuk mencari duit gunaq mendanai hobi tersebut. Ide membuat kaod tiba-tiba tercetus. Merekak pun langsung kursus kilat kepada tukang jahit dan tukang sablon. Malam nya membuat desain. Subuh mulai mencetak desain ke kaos. Nah pagi nya bergerilya mendatangi teman-teman yang kaya agar mau membeli kaos nya. Siang nya transaksi, sorenya harus pulang membawa uang. Begitu di jual ternyata banyak yang tertarik. Mereka mempunyai kepuasan kepuasan batin tersendiri ketika desain nya di pakai oleh orabg lain. Dengan modal 250 ribu rupiah, mereka mensirikan usaha yang memproduksi pakaian berbahan kaos. Mereka kerja keras tiada henti sambil terus berinovasi dengan desain yang unik. Produknya pun menyebar ke seluruh Jawa, Bali bahkan sampai Singapura. Kini mereka sudah memiliki 2 distro di Bandung dengan 80 karyawan. Berkat hobi, di tunjang kerja keras, berpikir cerdas dan berkreasi tanpa batas rejeki terus mengalilr dari atas.
Maria , remaja putri ini sejak kecil menulis. Dari mulai membuat puisi semau gue, membuat komik asal-asalan, menulis cerpen tanpa aturan, sampai membuat novel gaya bebas. Bagi nya menulis menjadi tempat mencurahkan perasaan nya. Bila sedang stres, sedang bahagia , atau sedang jatuh cinta di buat nya lah puisi. Dia senang membuat cerpen dan Novel karena merasa bebas mengatur jalan cerita serta bebas menentukan jalan hidup tokoh-tokohnya. Kini gadis berusia 19 tahun ini berhasil membuat Novel berjudul me vs high hell yang telah di cetak ulang 4 kali dan di angkat sebagai film lebar. Sekarang ia tinggal menghitung-hitung uang roylti dari novel dan honor menulis skenario film. Maria pun tak pernah berhenti menulis novel. Dan masih banyak maria maria lain yang muda dan kaya berkat hobi nya menulis.
Rosadi, 19 tahun kesukaan nya mengutak ngutik mobil untuk di modifikasi. Hobi yang di lakoni nya sejak SMP membuat nya banyak kenalan yakni pemilik tokoh dan bengkel modifikasi. Selanjutnya ia bisa mendapat harga khusus di sejumlah tokoh tempat ia memodifikasi mobil. Kepandaian nya bergaul membuat ia dekat dengan para praktisi modifikasi. Ia pun memanfaatkan nya sebagai ajang bisnis. Beberapa teman yang senang memodifikasi mobilnya meminta dia sebagai perantara. Ternyata hobi ini berkembang sebagai bisnis kecil-kecilan. Sampai sekarang sudah puluhan teman yang memberi order untuk memodifikasi mobilnya lewat dia. Hobi ini membuat ilmu bertambah, jaringan pertemanan semakin luas, uang pun mengalir seolah tiada batas.
Kisah nyata si atas hanyalah sebagian kecil anak muda yang berhasil menjadikan hobi sebagai sumber rezeki. Dari pengalaman mereka, kita bisa belajar bahwa hobi bisa menjadi ladang uang bila karya yang di hasilkan berkualitas dan unik. Tak henti-henti nya menggali dan mengasah kemampuan untuk meningkatkan kinerja yang berkelas. Jangan meniru orang lain. Buatlah sesuatu yang spesifik, karena keunikan lah yang membuat seseorang terkenal. Selalu mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan kereta. Pandailah membuat jaringan pertemanan yang luas untuk menggaet konsumen atau mitra berwirausaha. Menjadilah anggota komunitas hobi yang sama agar memperoleh banyak informasi. Rajinlah mendatangi dan mengikuti pameran yang terkait hobi. Melakukan study banding dengan karya-karya orang lain yang sejenis. Pelajari keunikan karya orang lain, agar karya kita pun tak kalah uniknya.
Hobi jadi ladang uang jika kita menerapkan ilmu dagang. Visi dan misi usaha harus sudah di pikirkan. Karena hobi maka hati senang, dan uang pun datang..


sekian info penting buat anda dari saya .
terimakasih atas kunjungannya , dan jangan lupa kritiknya di butuhkan dan sarannya saya nantikan.
Hobi sebagai sumber rezeki 4.5 5 Om Dadi Memiliki hobi amat banyak keuntungan. Hobi merupakan sarana pendidikan untuk belajar menyusun strategi dan mengambil keptusan demi mencapai ...


No comments:

Post a Comment

Silahkan kasih komentar anda di kolom komentar di bawah.
Dengan baik,sopan,ramah dan penuh tanggung jawab, agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung lain.terimakasih sudah mengunjungi blog ini :), Tapi maaf di larang berkomentar spam di antaranya:
1. Di larang berkomentar OOT (Out Of Topik) di luar topik/ postingan di atas
2. Di larang komentar iklan-jualan obat-obatan
3. Di larang meninggalkan Link aktif (Alamat Web/Blog)
Jika ingin OOT atau Ninggalin Link Aktif silahkan masuk di menu CONTACT di atas, bagi yang melanggar akan di hapus oleh admin :) . Berkomentarlah yang sesuai dengan postingan di atas Terimakasih