Cara menggunakan Grub4DOS membuat flashdisk berisi hiren's yang bootable

 

Peralatan:
  1. Sebuah Flash Disk Drive minimal ukurannya 512Mb.
  2. Software khusus untuk memformat FDD yaitu USB Disk Storage Format.
  3. Software lainnya Grub4Dos;
  4. Yang paling penting Hiren's Boot CD 9.4 (atau versi yang terbaru)
Cara pembuatannya.
  • Setelah semuanya telah siap, pertama-tama kita jalankan USB Disk Storage Format dengan terlebih dahulu FDD yang dijadikan target sudah dihubungkan pada PC kita. Seperti pada gambar di  bawah. Tentukanlah target FDD yang akan diformat seperti pada gambar. Karena ketika kita menjalankan USB Disk Storage Format maka program ini akan langsung mendeteksi semua drive yang terinstal pada komputer anda. Pastikan yang anda pilih adalah FDD yang menjadi target anda. Langkah selanjutnya adalah memilih format file system yang akan digunakan, dan kita pilih FAT, kemudian kita beri nama FDD target (opsional). Dan langkah selanjutnya kita pilih Start. Kita tunggu hingga muncul pesan bahwa FDD sudah terformat.


  • Langkah selanjutnya kita jalankan  program Grub4Dos kira-kira tampilannya seperti gambar di bawah. Pada saat kita menjalan Grub4Dos ini pastikan kita memilih FDD target. Kemudian dengan cara menekan tombol Refresh pada bagian Part list dengan memilih Whole Disk (MBR) seperti tampilan pada gambar disamping, setelah itu kita pilih tombol Install. Tunggu hingga proses instalasinya selesai.

  • Tahap selanjutnya kita masukan  Hirens BootCD kita yang sudah diburning pada CD tentunya ke dalam CDRom, setelah itu kita buka CDDrive dan memilih semua file yang ada (Select All) kemudian di-copykan ke Flash Disk Drive. Seperti yang ditampilkan pada screenshoot di samping, FDD kita sudah siap digunakan
  • Berdasarkan pengalaman kami maka ada berapa hal yang perlu perhatikan ketika kita menggunakan FDD sebagai media boot.
  • Sebelum kita menjalankan USB Hirens ini, maka langkah selanjutnya adalah mengatur settingan pada Bios komputer kita. Tidak dapat kami uraikan di sini karena setiap komputer pasti berbeda cara mengatur prioritas bootnya. Yang pasti ketika kita mengatur prioritas boot, pastikan kita memilih boot melalui FDD.
  • Tidak semuat BIOS dapat mengenali FDD sebagai harddisk atau HDD, menurut pengalaman kami ketika BIOS mengenali FDD anda sebagai USB HDD, maka 100% Hirens BootCD ini dapat dijalankan.
Cara menggunakan Grub4DOS membuat flashdisk berisi hiren's yang bootable 4.5 5 Om Dadi Peralatan: Sebuah Flash Disk Drive minimal ukurannya 512Mb. Software khusus untuk memformat FDD yaitu USB Disk Storage Format . Softwa...


No comments:

Post a Comment

Silahkan kasih komentar anda di kolom komentar di bawah.
Dengan baik,sopan,ramah dan penuh tanggung jawab, agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung lain.terimakasih sudah mengunjungi blog ini :), Tapi maaf di larang berkomentar spam di antaranya:
1. Di larang berkomentar OOT (Out Of Topik) di luar topik/ postingan di atas
2. Di larang komentar iklan-jualan obat-obatan
3. Di larang meninggalkan Link aktif (Alamat Web/Blog)
Jika ingin OOT atau Ninggalin Link Aktif silahkan masuk di menu CONTACT di atas, bagi yang melanggar akan di hapus oleh admin :) . Berkomentarlah yang sesuai dengan postingan di atas Terimakasih